1. Ikan Nila SA
   

Karakter

Keterangan

 

Nama Latin

Oreochromis sp.

 

Nama Indonesia

Ikan Nila

 

Keunggulan

Pertumbuhan Cepat

 

Karakter Reproduksi

Rasio bobot gonad dibanding bobot tubuh (%)

3,4

Karakter Fisiologi

(pada berbagai wadah budidaya)

1. Pertumbuhan harian (g/hari)

2,81

2. Sintasan (%)

95,73 ± 4,04

3. Daya tahan penyakit

Normal

4. FCR

1,22 ± 0,05

Toleransi Lingkungan

Salinitas (ppt)

0-18

  

No

Karakter

Keterangan

1

Bobot ukuran dewasa (g)

393,38 ± 64,3

2

Panjang ukuran dewasa (cm)

26,33 ± 0,78

3

Panjang standar (cm)

23,27 ± 0,43

4

Panjang kepala (cm)

6.14 ± 0,39

5

Tinggi batang ekor (cm)

2,87 ± 0,22

6

Tinggi Badan (cm)

9.592 ± 0,65

7

Rasio panjang standar/tinggi badan (cm)

2,43 ± 0,23

8

Jumlah sirip punggung

D.XVI.12-13-DXVII.12-13

9

Jumlah sirip dada

P.13-P.14

10

Jumlah sirip perut

V.1.5

11

Jumlah sirip anal

A.III.9-11

12

Jumlah sirip ekor

C.15-16

13

Warna tubuh

Merah Terang

14

Warna bagian bawah tutup insang

Merah dan Kekuningan

15

Jumlah sisik gurat sisi

31-33

16

Genetic gain dari F0-F3

 

1. SR (%)

22,2

2. Bobot panen (%)

58,94

17

Bobot karkas (g)

231,4 ± 86,7

18

Persentase Karkas (%)

65,20

 
2. Ikan Mas Ras Cangkringan
Ikan mas (cyprinus carpio) ras Cangkringan dikenal memiliki kekhasan karena warnanya yang kuning kemerahan,berbeda dengan ikan mas yang umumnya berwarna hitam.
 
3. Gurami (Osphronemus goramy)
Ikan gurami (Oshpronemus gouramy, Lacepede) merupakan ikan asli Indonesia dan berasal dari perairan daerah Jawa Barat. Ikan ini merupakan salah satu komoditi perikanan air tawar yang cukup penting apabila dilihat dari permintaannya yang cukup besar dan harganya yang relatif tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya seperti ikan mas, nila, tambakan dan tawes, dan merupakan salah satu sumber protein yang cukup tinggi. Bagi masyarakat umum, ikan ini dipandang sebagai salah satu ikan bergengsi dan biasanya disajikan pada acara-acara yang dianggap penting. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila ikan gurami menjadi salah satu komoditi unggulan di sektor perikanan air tawar.
 
4. Lele 

Lele merupakan jenis ikan konsumsi air tawar dengan tubuh memanjang dan kulit licin. Di Indonesia ikan lele mempunyai beberapa nama daerah, antara lain: ikan kalang (Padang), ikan maut (Gayo, Aceh), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makasar), ikan cepi (Bugis), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah). Sedang di negara lain dikenal dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), ikan keli (Malaysia), gura magura (Srilangka), ca tre trang (Jepang). Dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Ikan lele tidak pernah ditemukan di air payau atau air asin. Habitatnya di sungai dengan arus air yang perlahan, rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air. Ikan lele bersifat noctural, yaitu aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat gelap. Di alam ikan lele memijah pada musim penghujan.

 

5. Udang windu

Giant tiger atau Penaeus monodon di Indonesia disebut udang windu. Udang windu saat ini tidak berkembang lagi karena terserang berbagai macam penyakit udang diantaranya yang ganas adalah white spot atau virus bintik putih . Petambak udang di Indonesia saat ini banyak memelihara udang putih atau Pennaeus vannamei.Udang ini telah dibudidayakan sejak akhir tahun 70-an. Masalah utama yang dihadapi budi daya udang windu dewasa ini adalah serangan penyakit yang hingga, kini masih sukar diatasi dan pencemaran lingkungan. Yang dimaksud budi daya udang windu di laut dalam tulisan ini adalah dalam bentuk pentokolan benur sebelum di tebar di tambak. Salah satu tujuan pentokolan di laut adalah untuk mengurangi mortalitas akibat serangan penyakit pada tahap awal budi daya.

Ciri fisik

Ujung depan rostrum lengkung mengarah ke atas dengan gigi atas rostrum 7-8 buah dan gigi bawahnya 3buah. Terdapat sebuah duri pada buku kedua pasangan pertama dan kedua dari kaki jalannya. Buku ketiga pasangan kaki jalan pertama dilengkapi pula dengan sebuah duri.
Badannya berwarna kecokelatan dengan bercak-bercak biru dan berbelang-belang.